Jumlah pengangguran di Indonesia tiap tahun bertambah, dari level SMA sederarajat sampai Sarjana, hal ini terjadi karena mindset para lulusan masih terpaku pada pecarian pekerjaan bukan pencipta lapangan pekerjaan. Seperti yang disampaikan oleh Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 1 Jombang Drs Fathur Rohman saat sambutan pada acara Semiar Business Plan yang diadakan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (Kkn – P) Desa Candimulyo Kecamatan Jombang di aula Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Jombang, Sabtu (10/02/2018).

“85% pengangguran di Indonesia didominasi oleh SMK, perencanaan bidang pendidikan dengan lapangan kerja tidak singkron inilah tantangan”

Dia menambahkan, kementrian Pendidikan Jawa Timur mempunyai kebijakan bahwa lulusan SMA dipersiapkan membuka lapangan kerja dan menunjuk 63 sekolah untuk double track. Selain double track ini mengatasi masalah pengangguran juga sebagai solusi mengatasi masalah lulusan SMK siap kerja tetapi tidak berkembang, lulusan SMA belum sia kerja tetapi berkembang, sehingga tercipta lulusan SMA siap kerja dan berkembang atau menjadi entrepreneur.

Sementara itu, nara sumber Hadiah Fitriyah SE MSi yang juga Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Umsida mengatakan, “Wirausaha (Entrepreneur) adalah mereka yang melakukan upaya-upaya kreatif dan inovatif dengan jalan mengembangkan ide kemudian melihat peluang”. Tidak semua bisa dikatakan entrepreneur kalau dia belum menciptaka inovasi atau berbeda dengan produk yang sama.

Kandidat Doktor Ilmu Akuntansi Unair yang akrab disapa hadiah menambahkan, dari produk yang sama tapi mempunyai nilai lebih, misalnya jualan bakso tetapi bakso yang diciptakan mempunyai nilai lebih, hal itu yang dinamakan inovasi. Inovasi dapat dilakukan dengan tiga langkah, pertama inovasi dalam segi produknya, kedua inovasi dari segi pemasrannya, dan ketiga inovasi dari segi prosesnya.

Seminar yang diadakan adalah salah satu program kerja peserta KKN-P Desa Candimulyo Universitas Muhammadiyah Sidoarjo 2018. Peserta yang hadir adalah siswa dan siswi kelas 11 SMA Muhammadiyah 1 Jombang, dihadiri juga oleh seluruh team Kkn Candimulyo, Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMA Muhammadiyah 1 Jombang, dewan guru, dan Dosen Pembimbing Lapangan. Sukses buat Umsida dan suskes juga buat peserta Kkn-p Desa Candi Mulyo. (Yan)

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *