Galeri Bursa Efek Indonesaia (BEI) Program Studi (Prodi) Manajemen merupakan sebagai edukasi bagi mahasiswa tetapi selain itu juga bisa mendapat keuntungan atau profit dari pasar modal dengan cara treding saham, seperti yang dikatakan Kepala Laboratorium (Kalab) prodi manajemen Rizky Eka Febriansyah SMb MSM ketika membuka acara kunjungan siswa dan siswi SMK PGRI 3 Sidoarjo di Galeri BEI Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Rabu (14/02/2018).

Sementara itu, staf Galeri BEI Fitri Apriliawati SE menjelaskan, “defiden merupakan kebjakan perusahaan jadi pembagiannya pertahun, kalau tidak memiliki laba tidak membagikan deviden, kalau kapital egain itu selisih dari hasil kita beli dan kita jual”, misalnya kita beli saham seharga Rp 5000 satu tahun kemudian harganya Rp 6000 nah Rp 1000 ini merupakan profit yang kita peroleh dan dikali jumlah lot yang kita beli. Minal pembelian saham satu lotnya 100 lembar, imbuhnya.

Kunjungan di Galeri BEI kali ini bagi menjadi dua sesi, setelah siswa dan siswi diberi penjelasan terkait BEI kemudian di ajak praktek langsung atau bermain Stoclab, stoclab ini merupakan game yang diciptakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan merupakan game simulasi pasar modal untuk masyarakat yang belum mengenal pasar modal. Tujuannya setelah bermain game siswa memiliki pemahaman terkait pasar modal dan nantinya akan menjadi investor melalui investasi saham dan reksa dana.

Game dimainkan setiap kelompok 5 orang dan dipandu oleh asisten laboratorium diantaranya Rehan, Wiwik, Endra, dan Cici. Perkelompok memiliki waktu 25 menit untuk satu kali permainan.

Dengan malakukan permainan Stoclab jadi lebih tahu naik turunnya modal, selain itu tujuannya berkunjung ke Umsida untuk mengatahui Umsida ini seperti apa ujar Nita Dwi Wahyu kelas 12 Ak2 pemenang game. Sementara Lena yang juga penmenang game mengatakan, “sebelumnya tidak tahu pasar modal jadi mengetahi pasar modal atau saham, jadi sangat bermanfaat”. Selain itu, Lia harianti 12 Ak1 berpendapat bahwa, “kunjungan ini sangat bermanfaat dan dan ingin mendapat saham besar”.

Target kunjungan SMK PGRI 3 Sidoarjo selain di FEB Umsida juga di Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Umsida, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Umsida. Dikuti 250 siswa dan siswi dari jurusan akuntansi dan multi media.

Foto Terkait Berita diatas :

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *