Laboratorium ini disiapkan dan dikembangkan oleh Fakultas Ekonomi UMSIDA untuk mendukung proses belajar mengajar yang berkenaan dengan aplikasi yang non computerised, terutama untuk Program Studi Manajemen. Laboratorium ini dilengkapi oleh beberapa fasilitas pendukung diantaranya adalah ruang yang representatif dilengkapi dengan AC, speaker aktif serta dilengkapi dengan Wi-fi.

Beberapa praktikum Program Studi  Manajemen yang menggunakan LABORATORIUM MANUAL diantaranya :

  1. Praktikum Manajemen Pemasaran. Praktikum ini dirancang untuk melatih ketrampilan mahasiswa dalam mengaplikasikan teori pemasaran seperti merancang sebuah produk serta cara memasarkannya, pemasaran on line, dan sebagainya.
  2. Praktik MSDM. Praktik ini dirancang untuk melatih kemampuan mahasiswa dalam mengaplikasikan praktik-praktik manajemen sumber daya manusia seperti rekruitmen karyawan, penilaian kinerja, penggajian karyawan dan sebagainya.
  3. Praktik Kerja Akuntansi (PKA) – Perusahaan Jasa (Manual). Praktik ini dirancang untuk melatih dan mengembangkan logika dasar akuntansi yang komprehensif atas transaksi yang terjadi pada perusahaan jasa.
  4. Praktik Perpajakan. Praktik ini dirancang untuk melatih kemampuan mahasiswa dalam pemeriksaan dan penilaian pada laporan pajak suatu organisasi.
  5. Praktik Akuntansi Biaya. Praktik ini diarahkan untuk melatih kemampuan mahasiswa dalam pengembangan konsep biaya dari suatu manajemen.

(REF)