Musyawarah Hima Prodi manajemen FEB UMSIDA

Minggu, 2 September 2018, Masih hangat-hangatnya tanggal awal bulan. Sama seperti keluarga besar Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang memiliki kabar hangat tentang Pergantian Jabatan Ketua Umum Hima Prodi Manajemen periode 2018/2019.

Pergantian ini diadakan dengan Musyawarah Program Studi yang akrab di sebut “Musypro”, yakni kegiatan tahunan untuk meregenerasi kader-kader baru untuk mengemban amanah sebagai pengurus baru. Yang bertemakan “Membangun Jiwa Pemimpin Yang Amanah, Loyalitas, Berintegritas dan Berintelektual”. Kegiatan Musypro ini di ikuti oleh anggota seluruh anggota Hima Manajemen dan 2 perwakilan dari kelas. Masih sama seperti tahun-tahun kemarin, ada 3 kandidat calon Ketua Umum Hima Manajemen UMSIDA periode 2018/2019, antara lain: 1. M. Affan Alwahdani, 2. Ajeng Listyo Dewi, 3. M. Danang Maulana, ketiga kandidat tersebut adalah perwakilan mahasiswa yang sudah dipilih dan siap untuk melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan visi-misi yang sudah mereka buat.

Acara berjalan dengan lancer, dimulai pukul setengah 9. Sambutan yang pertama oleh Ketua Umum periode 2017/2018 serta di hadiri Kepala Program Study Manajemen, Bapak Wisnu Panggah Setiyono, SE. M.Si, P.hD. Setelah pembukaan usai, ada waktu 15 menit untuk break acara dan pembagian draft siding untuk memulai acara kembali. Sidang Pleno I adalah siding yang membahas tentag Tata Tertib pelaksanaan Musypro yang dipimpin oleh Presidium I, Presidium II, dan Presidium III. Dalam sidang pelaksanaan teknis yang harus di terapkan, salah satunya saat mengajukan pertanyaan bisa mengucapkan Question, apabila ingin mengajukan pendapat bisa Order dan masih banyak lagi petunjuk teknisnya.

Banyak perdebatan dan pergantian Draft Tata Tertib, setelah palu diketuk 3x maka tanda usai sidang Pleno I berakhir. Kemudian dilanjut kembali Sidang Pleno II yakni pembahasan laporan pertanggung jawaban selama 1 periode oleh pengurus inti atau disebut dengan BPH. Mulai dari laporan Ketua Umum, Sekretaris, Bendahara dan Semua Koordinasi setiap Divisi Hima Prodi Manajemen. Selang 1 jam an pembahasan laporan pertanggung jawaban, Sidang Pleno II usai. Pukul sudah menunjukkan waktu untuk ISHOMA (Istirahat, Shalat, Makan), semua peserta, panitia mengakhiri kegiatan sejenak. Pukul 13.00 peserta di harapkan memasuki kembali ruang sidang untuk melanjutkan sidang terakhir yaitu Sidang Pleno 3 tentang Tata Tertib Pemilihan Musyawarah Prodi .

Banyak perdebatan saat pengajuan order dan akhirnya Presidium I memukul palu 3x pertanda Sidang telah usai. Kemudian waktu yang di tunggu-tunggu bagi para kandidat untuk mempromosikan dirinya. Beberapa pertanyaan yang diajukan oleh Ketua Hima dan Dimisioner untuk para calon Ketua Hima periode 2018/2019. Jawaban-jawaban para kandidat sungguh membuat tercengang dan sangat seru sekali. Tiba waktunya bagi peserta untuk memberikan hak pilih suaranya dengan mencoblos surat suara yang sudah di sediakan di bilik suara. “Aku dapat ilmu yang banyak, seru pula acaranya. Aku lebih suka saat Ketua Hima dan Demisioner debat saat ada pertanyaan dan order dari peserta,” celutuk Rudy Cahyono (salah satu anggota Hima yang menjadi peserta). Setelah semua sudah memberikan hak pilihnya, saatnya perhitungan suara. Dak dik duk derr, siapa hayo tebak yang bakalan menduduki Jabatan sebagai Ketua Umum Hima Manajemen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo periode tahun 2018/2019, pasti gk sabar kan? Jeng-jeng tiba waktunya pengumuman siapa yang akan menjadi Ketua. Dan akhirnya terpilihlah Danang Maulana (MJ-B1) yang menjadi Ketua Hima periode 2018/2019. “Aku gk nyangka, alhamdulillah saya bisa terpilih untuk mengemban amanah dan menjalankan tugas menjadi Ketua Hima”, ujar Danang Maulana. Usai sudah kegiatan Musypro yang diadakan Prodi Manajemen. “Lega rasanya dan puas acara yang sudah tersusun dapat berjalan dengan lancar meskipun banyak kendala-kendala pada persiapan maupun pada saat acara berlangsung. Panitia yang lain pun juga melaksanakan tugas sesuai jobdisk masing-masing,” kata Alif Maulana (salah satu panitia). EL

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *