MANAGEMENT ENTREPRENEURSHIP CAMP PEKAN KEDUA

Manajemen.umsida.ac.id – Kamis, 18 November 2021. (MEC) Management Enterpreneurship Camp pekan 2 kembali diselenggarakan oleh Program Studi Manajemen Fakultas Bisnis, Hukum dan Ilmu Sosial serta bekerja sama dengan PT Bhinneka Mentari Dimensi dengan menganngkat tema mengenai “Manajemen Bisnis atau Pemasaran Produk Dalam Manajemen di Era Digital”. Yang dilaksanakan secara online melalui media Zoom dengan diikuti oleh 80 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Acara ini juga memiliki latar belakang untuk memberikan literasi maupun pemahaman bagi generasi muda dalam berwirausaha khususnya bagi mahasiswa yang baru memulai untuk manjalankan usahanya. Pada acara (MEC) Management Enterpreneurship Camp pekan 2 ini coach Dennis Kumara – Head of Business Bhinneka selaku pembicara membahas mengenai Marketing Strategy. Berbagai macam strategy marketing yang dapat dilakukan seperti Marketing Indroduction, Push & Pull Marketing, Bhinneka Marketing Framework, Big Data, Omnichannel Strategy, dan Bhinneka Case Study.

Dalam Marketing Indroduction membahas mengenai Marketing Communication, yang merupakan bagaimana cara kita dalam menyampaikan pesan mengenai produk atau brand yang kita miliki baik secara langsung maupun tidak langsung kepada nasabah kita, dengan tujuan untuk membeli produk kita. Tedapat juga Marketing Communication Mix, yaitu channel-channel atau marketing yang bisa kita pakai ketika kita melakukan strategi pemasaran. Kemudian Push & Pull Marketing, Push Marketing memiliki arti yaitu mendorong produk atau jasa kita ke customer sedangkan Pull Marketing yaitu kita menarik customer untuk mengetahui produk atau jasa yang kita jual. Dennis Kumara juga menjelaskan bahwa pada Bhinneka Marketing Framework terdapat 8 Bhinneka Marketing Concept. Kemudian ada Big data yang merupakan bantuan teknologi yang membantu para marketing untuk bisa menyususn strategi marketing atau pemasaran.

“Saluran komunikasi yang universal, sebagai saluran komunikasi ke dalam satu bentuk antarmuka. Intinya adalah dari berbagai channel atau berbagai saluran ini menjadi satu. Dalam hubungannya kepada kita melakukan marketing itu bisa memudahkan pelanggan untuk mencari informasi terhadap barang atau jasa yang kita jual, jadi mempemudah informasi dan mempermudah juga untuk berinteraksi dengan pelanggan kita dan tidak ada limitasinya” Ungkap Dannis Kumara mengenai pentingnya Omnichannel

“Ada 2 case yang pertama adalah bangkit lagi, bangkit lagi ini keyakinan kita di awal-awal pandemi ketika semua orang tidak bisa jualan mall tutup dan sebagainnya kita bikin case balik lagi supaya semua orang tetep semangat para UMKM. Case yang kedua ialah ASUS Offline, dimana kita bekerja sama dengan suatu brand secara offline” Ungkap Dannis Kumara mengenai apa yang dilakukan Bhinneka terkait marketing strategy Bhinneka Case Study

Sehingga acara (MEC) Management Enterpreneurship Camp pekan 2 ini memang diperuntukkan bagi kalangan mahasiswa agar dapat lebih memahami bagaimana strategy marketing dan penerapannya dalam berwirausaha secara baik dan benar. Serta juga dapat mengedukasi mahasiswa dalam mengembangkan bisnisnya dan untuk mengurangi rasa takut mahasiswa dalam memulai bisnis. Dengan begitu dapat menumbuhkan jiwa Enterpreneurship pada generasi muda.

Ditulis : Friska

Related Posts

Pelatihan Olah Data Batch 1

Manajemen.umsida.ac.id – Sebanyak 71 orang mahasiswa program studi Manajemen  telah...

Kaprodi Manajemen bersama dengan PMB Umsida melakukan kunjungan ke SMA Negeri 1 Ngoro, Mojokerto

manajemen.umsida.ac.id – Senin, 20 Desember 2021 Kaprodi Manajemen Bapak Detak...

Leave a Reply