MANAGEMENT ENTREPRENEURSHIP CAMP PEKAN PERTAMA

Manajemen.umsida.ac.id – Fakultas Bisnis, Hukum dan Ilmu Sosial Program Studi S1 Manajemen Universitas Muhammadiyah yang bekerjasama dengan PT Bhinneka Mentari Dimensi membuat sebuah program Management Entrepreneurship Camp (MEC). Program MEC sendiri merupakan sebuah wadah untuk wirausahawan-wirausahawan muda yang memiliki prinsip berkelanjutan dan semangat flexibility.

Program ini dibentuk dengan tujuan untuk memenuhi program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) yaitu mengajarkan serta mengaktivasikan kurikulum kewirausahaan pada prodi manajemen UMSIDA agar menciptakan dan menyebarkan semangat kewirausahaan pemuda potensial, memotivasi mahasiswa agar tak ragu untuk mencoba berwirausaha atau berbisnis, mengembangkan potensi mahasiswa yang diharapkan kelak dapat memberikan kontribusi untuk menaikkan taraf hidup masyarakat, menjadi agen chance / agen perubahan yang menyebarkan dan membudidayakan semangat wirausaha pada masyarakat, serta membangun kerjasama dan sinergi positif eksternal untuk menciptakan proses pembelajaran manajemen bisnis dan kewirausahaan sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi.

Kegiatan MEC ini rencananya akan diadakan selama 7 kali pertemuan melalui aplikasi Zoom, dan pertemuan pertama telah dilaksanakan pada Selasa, 15 November 2021 dengan narasumber Denis Kumara sebagai Head Of Business PT Bhinneka Mentari Dimensi dan diikuti oleh 80 mahasiswa. Pada pertemuan pertama ini, difokuskan pada mempelajari materi terkait perancangan produk yang dipasarkan di market place. Denis memilih tema “Start your own business” pada pertemuan kali ini karena menurutnya kita harus mulai menjadi pencipta bukan hanya menjadi pengguna. Denis menjelaskan berbagai hal terkait bagaimana cara menciptakan bisnis seperti cara-cara untuk memulai bisnis baru, cara mempertahankan sebuah bisnis, serta cara merealisasikan ide-ide menjadi kenyataan.

“Bisnis tidak selalu tentang uang ataupun modal untuk memulainya. Tetapi hal yang lebih penting adalah kita harus focus pada peluang, karena peluang itu yang akan mengahasilkan uang yang nantinya bisa menjadi modal dan capital ketika kita hendak membangun bisnis.” Ujar Denis

Denis menekankan hal terpenting dalam membangun dan mempertahankan sebuah bisnis adalah dengan melakukan inovasi pada produk atau jasa dan memperbaiki marketing communication. Inovasi harus terus menerus dilakukan karena saat ini merupakan masa dimana seorang pebisnis harus dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen. Melakukan sebuah inovasi berarti kita menciptakan sebuah produk atau jasa yang belum pernah ada sebelumnya atau menciptakan keunggulan yang tidak dimiliki oleh pesaing. Sedangkan komunikasi pemasaran penting untuk diperhatikan karena hal ini berkaitan dengan hubungan dengan konsumen, semakin baik komunikasi pemasaran maka akan semakin baik pula hubungan dengan pelanggan. Ditulis : Friska

Related Posts

Pelatihan Olah Data Batch 1

Manajemen.umsida.ac.id – Sebanyak 71 orang mahasiswa program studi Manajemen  telah...

Kaprodi Manajemen bersama dengan PMB Umsida melakukan kunjungan ke SMA Negeri 1 Ngoro, Mojokerto

manajemen.umsida.ac.id – Senin, 20 Desember 2021 Kaprodi Manajemen Bapak Detak...

Leave a Reply