Pandemi Mulai “Menghilang”, Banyak Mahasiswa UMSIDA yang Memilih Wisuda Secara Tatap Muka

Manajemen.umsida.ac.id Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) menyelenggarakan rapat terbuka senat UMSIDA dalam rangka rangka wisuda ke 38 program studi diploma, sarjana, dan pasca sarjana tahun akademik 2021/2022 pada hari Sabtu-Ahad atau 16-17 Oktober 2021 M dan bertepatan dengan 9-10 Rabbiul Awal 1443 Hijriah bertempatkan di auditorium KH Ahmad Dahlan UMSIDA. Prosesi ini dihadiri oleh Dr. Hidayatulloh, M.Si. selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, selain itu juga dihadiri oleh senat UMSIDA, Prof. Achmad Jainuri, MA., Ph.D. selaku Wakil Ketua Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah Sekaligus Ketua Badan Pembina Harian UMSIDA serta Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, beberapa dosen pengampu, beberapa pengisi acara, serta mahasiswa wisudawan dan wisudawati beserta orang tua mereka yang hadir secara luring maupun daring.

Prosesi ini di laksanakan secara daring dan juga luring, hal ini disebabkan oleh semakin rendahnya level peningkatan kasus Covid-19 di Kabupaten Sidoarjo. Meskipun begitu, prosesi tetap dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokoler kesehetan seperti tetap menggunakan masker selama prosesi acara, adanya jarak disetiap tempat duduk wisudawan dan wisudawati, serta adanya pengukuran suhu sebelum memasuki tempat prosesi. Karena kondisi inilah banyak wisudawan dan wisudawati UMSIDA memilih untuk di wisuda secara tatap muka.

Dari total 876 wisudawan dan wisudawati UMSIDA, sebanyak 826 wisudawan dan wisudawati memilih untuk melakukan prosesi wisuda secara luring dan sisanya memilih untuk daring. Prosesi wisuda ini dibagi menjadi dua sesi yakni pada sesi pertama dilaksanakan pada Sabtu 16 Oktober 2021 dengan 450 mahasiswa wisudawan dan wisudawati dan pada sesi ke dua yaitu keesokan harinya diikuti oleh sebanyak 426 mahasiswa wisudawan dan wisudawati.

“kegiatan wisuda ini diikuti secara luring dan daring dan yang mengikuti luring jauh lebih banyak daripada daring, yang mengikuti daring hanya sebanyak 50 mahasiswa. Kemarin (sesi 1) ada 22 dan pada hari ini (sesi 2) 28 mahasiswa.” Penjelasan Dr. Hidayatulloh, M.Si. saat memberikan ucapan sambutan pada acara wisuda sesi ke dua. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo sendiri memiliki jumlah total mahasiswa aktif pada semester ganjil 2021/2022 sebanyak 10.873 (tidak termasuk mahasiswa wisudawan dan wisudawati) dan terbagi ke dalam 5 fakultas yaitu Fakultas Agama Islam, Fakultas Psikolog dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Bisnis, Hukum, dan Ilmu Sosial, Fakultas Sains dan Teknologi, serta Fakultas Ilmu Kesehatan.

Kedepannya, UMSIDA berenaca untuk mengembangkan jangkauan hingga ke negara-negara ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara dengan membangun kerjasama di tingkat ASEAN dibidang research penelitian dengan harapan dapat menghasilkan berbagai macam produk yang dapat memberikan manfaat untuk bangsa Indonesia ataupun masyarakat yang berada di tingkat ASEAN. Selain itu UMSIDA juga sedang bekerja keras agar Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dapat sejajar dengan kampus-kampus besar di tingkat nasional.

“pada tahun 2030-2034 UMSIDA berusaha untuk membangun dan mengembangkan kerja sama di tingkat ASEAN khususnya dibidang research penelitian yang diharapkan menghasilkan berbagai produk yang bisa memberikan manfaat bukan hanya untuk masyarakat Indonesia tapi harapan kita bisa memberikan manfaat untuk masyarakat di tingkat ASEAN.” Tutur Dr. Hidayatulloh, M.Si. saat menjelaskan terkait visi dan misi UMSIDA untuk beberapa tahun kedepan. Prosesi wisuda mahasiswa UMSIDA ke 38 berjalan dengan lancar dan prosesi ini ditutup oleh Rektor UMSIDA yaitu bapak Dr. Hidayatulloh, M.Si. dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah. Ditulis : Ningrum

Related Posts

Pelatihan Olah Data Batch 1

Manajemen.umsida.ac.id – Sebanyak 71 orang mahasiswa program studi Manajemen  telah...

Kaprodi Manajemen bersama dengan PMB Umsida melakukan kunjungan ke SMA Negeri 1 Ngoro, Mojokerto

manajemen.umsida.ac.id – Senin, 20 Desember 2021 Kaprodi Manajemen Bapak Detak...

Leave a Reply