REKONSTRUKSI SKRIPSI DAN JURNAL DALAM MEMINIMALISIR REVISI

Manajemen.umsida.ac.id – Selasa, 23 November 2021 Asisten Laboratorium (ASLAB) Prodi Manajemen Fakultas Bisnis, Hukum dan Ilmu Sosial Universitas Muhammadiyah Sidoarjo menyelenggarakan Workshop Karya Tulis dan Artikel Ilmiah dengan tema “rekonstruksi skripsi dan jurnal dalam meminimalisir revisi”. Workshop tersebut diikuti oleh 500 peserta berasal dari mahasiswa Universitas Muhaammdiyah Sidoarjo maupun luar universitas secara online. Workshop tersebut dimulai pada pukul 13.00 – 15.30 WIB,  diawali dengan sambutaan oleh bapak Detak Prapanca, SE., MM. selaku Kepala Prodi Manajemen Fakultas Bisnis, Hukum dan Ilmu Sosial. Workshop Karya Tulis dan Artikel Ilmiah diadakan untuk mahasiswa semester 5 dan 7 bertujuan untuk menambah wawasaan bagi mahasiswa dalam menyusun penelitian sehingga mengurangi adanya revisi. Workshop ini di latar belakangi karena banyaknya mahasiswa yang mengalami revisi pada tugas akhir.                                                               

Terdapat dua pemateri dari oleh ASLAB sebagai penyampai materi yaitu Ibu Sumartik SE.,MM. dan juga Bapak Moch. Faizal Amir, M.Pd., kedua pemateri tersebut merupakan dosen Prodi Manajemen UMSIDA.

Ibu Sumaartik SE., MM sebagai pemateri pertama fokus untuk membahas terkait perbedaan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Selain itu, beliau juga menjelaskan bagaimana langkah-langkah dalam menyusun skripsi dengan baik dan tindakan-tindakan apa yang sebaiknya dilakukan oleh mahasiswa ketika memilih menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Beliau menyebutkan bahwa banyak mahasiswa yang lebih memilih menggunakan metode penelitian kualitatif karena mahasiswa menganggap penggunaan metode kualitatif lebih mudah dibanding metode kuantitatif.

Pemateri kedua disampaikan oleh Bapak Moch. Faizal Amir, M.Pd. membahas tentang Kiat sukses agar artikel tidak diriject serta memberikan tips bagaimana mendapatkan ide penelitian agar dapat diterima sehingga dapat muncul pembaharuan. Beliau menjelaskan mengenai cara pencarian jurnal internasional maupun nasional. “Hal ini merupakan sesuatu yang terlihat simple tetapi cukup sulit dilakukan oleh mahasiswa” tutur beliau.

Meskipun diadakan secara online, Workshop Karya Tulis dan Artikel Ilmiah berlangsung dengan lancar dan baik. Workshop yang diadakan untuk mahasiswa manajemen umsida ini bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam memahami menulis artikel ilmiah. Ditulis : Friska

Related Posts

Pelatihan Olah Data Batch 1

Manajemen.umsida.ac.id – Sebanyak 71 orang mahasiswa program studi Manajemen  telah...

Kaprodi Manajemen bersama dengan PMB Umsida melakukan kunjungan ke SMA Negeri 1 Ngoro, Mojokerto

manajemen.umsida.ac.id – Senin, 20 Desember 2021 Kaprodi Manajemen Bapak Detak...

Leave a Reply