WEBINAR MBKM PRODI MANAJEMEN FBHIS – UMSIDA

Manajemen.umsida.ac.id – Senin, 6 Desember 2021 Prodi Manajemen Universitas Muhammdiyah mengadakan Webinar Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan tema UMKM Local #Jadi Juara dalam Membangun Ekonomi Digital Bersama Campus Marketplace yang diselenggarakan secara daring melalui Zoom. Webinar ini merupakan keberlanjutan dari kegiatan Management Entrepreneurship Camp (MEC) Prodi Manajemen dari tanggal 28 Oktober 2021 – 6 Desember 2021.

Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Bapak Detak Prapanca SE., MM., saat memberikan sambutan.

“MEC merupakan program pengembangan wirausaha muda dengan nilai dan prinsip keberlanjutan (sustanbility) untuk mendukung pengembangan industry halal dari perekonomian di Indonesia”

Menurut Bapak Eko Hardiansyah M.Psi. (wakil rektor 3) mengungkapkan bahwa acara ini merupakan sebuah bentuk optimism bahwa Umsida akan menjadi marketplace.

“Kalo dari judulnya ini sudah ada optimisme bahwa Umsida akan menjadi marketplace, dan memang di era e-commerce seperti sekarang ini sangat memungkinkan dengan 10.000 student body menjadi suatu marketplace yang menarik terkait dengan bagaimana kita melakukan perdagangan secara online.” Ungkap Bapak Eko Hardiansyah saat memberikan kata sambutan.

Dengan dibuatnya program MEC dalam MBKM ini Umisda berharap bahwa setelah lulus kelak para mahasiswa dapat langsung mendapatkan pekerjaan yang baik dan dapat langsung bersaing di dunia pekerjaan.

“Harapannya nanti para mahasiswa bisa lulus terus bisa kemudian langsung mendapatkan pekerjaan yang kalo bisa pekerjaan (tersebut) bisa menghasilkan upah minimal 1,5x lipat (lebih banyak) dari UMR. Dan harapan yang kedua adalah rekan-rekan mahasiswa dapat berkolaborasi, bisa bersaing di dalam dunia kerja.” Sambung Bapak Eko Hardiansyah.

Terdapat tiga pemateri dalam acara tersebut yaitu Bapak Wisnu Panggah Setiyono, SE., M.Si., Ph.D (Dekan Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial Umsida) yang menyampaikan materi terkait Tantangan Dan Jawaban Model Pendidikan Di Prodi Manajemen Kedepan, Bapak Henry (Founder Imago Raw Honey) yang menyampaikan materi tentang Success Story Of Imago Raw Honey Sebagai UMKM, serta Bapak Agung Prabowo (Labinc Marketplace Manager Bhinneka) yang menyampaikan materi terkait marketplace.

Dalam materi yang disampaikan oleh Bapak Wisnu, beliau menyampaikan bahwa terdapat beberapa tantangan yang dibutuhkan oleh lulusan manajemen adalah keterampilan mahasiswa khusunya dibidang web/mobile development, dibidang big data dan analisisnya, cyber security, artificial intelegent, dan block chain dan kriptografi. Kesemua tantangan tersebut berkaitan dengan penggunaan aplikasi mobile ataupun start-up yang berhubungan dengan kemajuan teknologi.

https://www.youtube.com/watch?v=S2m6Dy8X8Y8

Salah satu upaya yang telah dilakukan oleh Prodi maanjemen dalam menjawab tantangan tersebut adalah dengan membentuk prodi baru yaitu prodi Bisnis Digital. Harapannya, para lulusan manajemen kelak dapat menjadi lulusan Standar Prodi Manajemen yang memahami serta memiliki keterampilan terkait analisis system usaha, analisis data, analisis keuangan dan pasar, manager intelejen usaha, serta pengusaha berbasis data digital.

Pemateri berikutnya yaitu Bapak Henry dalam menyampaikan materi lebih fokus pada apa saja yang perlu dipersiapkan saat hendak memulai suatu usaha. Beliau mengungkapkan 4 hal yang penting dan harus diperisapkan oleh seseorang ketika membangun sebuah usaha, yaitu mix and match products and target market (missal packaging and photo product), branding through collaboration, endorsement, dll, create special spckage/hampers (mengikuti trends), serta optimization online selling through e-commerce.

Bapak Agung selaku pemateri terakhir lebih menekankan kepada cara registrasi / mendaftarkan usaha dalam marketplace Bhinneka serta keuntungan apa saja yang akan didapatkan oleh para pelaku usaha yang mendaftarkan usahanya kedalam marketplace Bhinneka.

Karena tuntutan lulusan yang ingin dicapai oleh Prodi Manajemen, maka salah satu langkah untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan melakukan kerjasama dengan Bhinneka serta membuat marketplace sendiri dengan nama efbhis.bhinneka.com.

Ditulis : Ningrum

Related Posts

Pelatihan Olah Data Batch 1

Manajemen.umsida.ac.id – Sebanyak 71 orang mahasiswa program studi Manajemen  telah...

Kaprodi Manajemen bersama dengan PMB Umsida melakukan kunjungan ke SMA Negeri 1 Ngoro, Mojokerto

manajemen.umsida.ac.id – Senin, 20 Desember 2021 Kaprodi Manajemen Bapak Detak...

Leave a Reply