manajemen.umsida.ac.id – Mahasiswa Fakultas Bisnis Hukum Dan Ilmu Sosial (FBHIS) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) berhasil meraih juara 1 Best Marketing Strategy dalam Progam Unilever Entrepreneurship Bootcamp 2022 yang diselenggarakan oleh Unilever Corporate yang mana bekerjasama dengan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) se Indonesia, pada Sabtu (07/8).
Ketua pengusul Handoko Eko Prasstyo menjelaskan progam Unilever Entrepreneurship Bootcamp 2022. “Program tersebut mengarah pada kegiatan pendampingan dan pengarahan untuk entreprenuer-entreprenuer muda khususnya mahasiswa di Perguruan tinggi Muhammadiyah,” Ujarnya.
Pusat Informasi dan Pengembangan Karir (PINPKU) Umsida berkontribusi dalam menginformasikan progam tersebut kepada mahasiswa. “Kebetulan saya dapat informasi progam tersebut dari PINPKU, dan kemudian saya tertarik untuk mengikutinya, karena didalamnya sangat menarik, banyak sekali ilmu tentang berbisnis mulai dari ilmu marketing, planning, keuangan, publik speaking, dan bagaimana kita melakukan pemaparan proposal bisnis dihadapan investor,” tutur mahasiswa prodi manajemen itu.
Tim perwakilan Umsida adalah mahasiswa FBHIS antara lain Handoko Eko Prasstyo dari prodi manajemen, Rindi Kartika Sari dari prodi manajemen, Vebia Afni Riszaini dari prodi manajemen. Yang mana Progam tersebut dilaksanakan dari tanggal 14 Juni hingga 6 Agustus.
Adapun teknis progam Unilever Entrepreneurship Bootcamp 2022 sebagai berikut. “Kemudian dari segi pertemuannya tetap menggunakan virtual conference, namun tidak mengurangi euforia pembelajaran, awalnya kita dikasih ilmu oleh mentor-mentor yang sudah memiliki jam terbang tinggi, kemudian dilanjutkan dengan sesi Coaching untuk mempersiapkan bisnis kita, setelah itu ada seleksi, untuk siapa saja yang lolos masuk demo day,” jelasnya.
Tim Prodi Manajemen Umsida mendapatkan juara 1 dalam progam tersebut. “Kemudian yang terakhir sesi demo day, sesi tersebut nantinya diambil 4 kategori terbaik, dan alhamdulillah dari sekitar 60 perwakilan perguruan tinggi Muhammadiyah, tim kami mendapatkan juara ke 1 sebagai best Marketing Strategy,” ujar mahasiswa semester 6.
Kerjasama antar anggota yang baik salah satu upaya dalam menjuarai progam tersebut. “Yang paling penting adalah komunikasi yang baik, kemudian saat mengerjakan proposal bisnis bener-bener kita kaji dan analisa bersama-sama, agar saat kami menyampaikan harus real dan mampu kita laksanakan dengan baik,” ujarnya saat ditanyai jurnalis Umsida.
Ia berharap di progam selanjutnya bisa berkontribusi lebih. “Saya berharap di event-event berikutnya saya bisa mengikutinya lagi, dan juga salah satu hasil yang saya dapat dari mengikuti program ini adalah mengetahui banyak kekurangan, akhirnya harus belajar-belajar dan belajar lagi tidak puas sampai disini,” pungkasnya.
Ditulis : Muhammad Asrul Maulana
edit : Asita Salsabila