manajemen.umsida.ac.id – Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Bisnis, Hukum dan Ilmu Sosial (FBHIS) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) telah mengikuti APSMA yang sukses di selenggarakan di universitas muhammadiyah malang (UMM) Mengenai Workshop Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) APSMA dan Kegiatan Benchmarking Internasional. Workshop dua hari ini, berlangsung pada tanggal 11-12 Januari 2024, di Hotel Rayz UMM, dan merupakan hasil kolaborasi dengan Asosiasi Prodi Manajemen (APSMA) Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA).
Kegiatan ini menjadi wadah yang sangat penting dalam upaya pengembangan kurikulum pembelajaran pada Prodi Manajemen, dengan tujuan meningkatkan mutu pendidikan. Workshop ini telah dihadiri oleh perwakilan dari 25 Prodi Manajemen PTMA yang tersebar di seluruh Indonesia.
Hari Pertama Pemaparan mengenai rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) APSMA yang berlandaskan pada Kurikulum Outcome-Based Education (OBE). Syaifuddin menekankan pentingnya implementasi OBE dalam mencapai capaian pembelajaran lulusan yang lebih efektif dan relevan dengan kebutuhan dunia kerja. Perumusan CPL APSMA ini merujuk pada implikasi kebijakan Kemendikbud Ristek yang tercantum dalam nomor 53 tahun 2023, yang mengatur standar mutu pendidikan tinggi melalui penetapan, pelaksanaan, evaluasi, penilaian, dan peningkatan standar pendidikan tinggi.
Ketua Forum Manajemen Indonesia (FMI), yang membahas integrasi kurikulum OBE dengan CPL APSMA. Pak Gunawan menjelaskan bagaimana desain kurikulum berdasarkan OBE dapat mendukung pencapaian CPL yang sesuai dengan standar APSMA. Selain itu, beliau juga mendiskusikan tantangan yang mungkin dihadapi oleh program studi manajemen di masa depan, seiring dengan perkembangan teknologi dan inovasi pembelajaran yang terus berkembang.
Hari kedua menampilkan workshop internasional dengan tema ‘‘Transformasi Konsumen dalam Era Global: Tantangan dan Peluang‘‘. M. , Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang, memaparkan tentang transformasi customer experience (CX). Sementara Bapak Widayat membahas pentingnya memahami transformasi customer experience sebagai salah satu kunci dalam memenangkan persaingan bisnis.
Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Ibu Naelati membahas tentang Diskusi Akreditasi LAMEMBA (Lembaga Akreditasi Manajemen Bisnis Akuntansi) dan Tinjauan Kurikulum Berbasis OBE, topik yang sangat relevan dalam meningkatkan mutu pendidikan, khususnya di program studi manajemen. Workshop ini diharapkan mampu memberikan wawasan yang mendalam tentang pembelajaran manajemen berbasis OBE, sekaligus mendorong kerjasama penelitian internasional.
Dalam acara ini, Prodi Manajemen Umsida berkesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, seperti workshop, sesi benchmarking internasional, dan diskusi akreditasi. Dengan keikutsertaan dalam acara ini, Prodi Manajemen Umsida berharap dapat memperoleh wawasan baru, berbagi pengalaman, serta memperluas jaringan kerjasama dengan prodi manajemen lainnya.
Keikutsertaan ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE) serta peningkatan kualitas pendidikan di lingkungan kampus. Dengan semangat yang tinggi, Prodi Manajemen FBHIS Umsida siap untuk aktif terlibat dalam acara ini demi kemajuan pendidikan dan pengembangan ilmu manajemen di Indonesia.